Translate This Blog Into Your Own Language

Google Search

Thursday, August 30, 2018

Mendengar Suara Tuhan dan Bertindak





Oleh : Penatua. Robinson Saragih


Saudaraku, sebagai orang  percaya dan sebagai umat tebusan Yesus Kristus, apakah ada telah mendengarkan arahan Yesus dalam hidup saudara atau tidak? Tuhan Yesus mengatakan dengan jelas, domba-Ku mendengar suara-Ku. Domba Yesus senantiasa mendengar suara gembala-Nya yaitu Yesus Kristus. ( Yohanes 10 : 27- 28, Yohanes 7 )

Sebagai orang yang percaya kepada ketuhanan Yesus Kristus dan percaya bahwa Yesus adalah Juruselamat dalam hidupnya, Yesus katakan bahwa Yesus mengenal domba-Nya, dan orang percaya itu mendengarkan arahan-Nya dan mengikuti Dia. Yesus berkata bahwa Yesus memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa dan tidak ada seorangpun dapat merebut mereka dari tangan-Nya.     ( Efesus 1 : 13, Efesus 3)

Sebagai orang percaya dan domba yesus Kristus, maka Yesus menggembalakan kita dari dalam hati kita. Yesus katakan bahwa mereka mendengar suara-Ku dan mereka mengikut Aku. Ada Roh Kudus yang dianugerahkan Bapa kepada kita untuk memimpin kita dalam hidup kita. Tuhan katakan bagaimana Dia akan memimpin kita dalam keseharian kita. ( Ibrani 8 : 10 -12 )

Saudaraku jemaat Yesus Kristus, kita sudah diperlengkapi oleh Yesus Kristus dengan anugerah yang besar, yaitu hadirnya Roh Kudus di dalam kita ketika kita percaya dan kita telah menjadi umat-Nya dan secara rohani kita menjadi umat israel. Dan kepada kita, Dia telah menaruhkan Firman-Nya dalam hati kita sehingga kita mengenal Dia sebagai Tuhan yang menggembalakan kita dari dalam hati kita dengan pengurapan Roh Kudus. Dengan pengurapan Roh Kudus dalam hati kita maka kita terpelihara dan terarah oleh Roh Kudus. Namun inilah persoalan gereja sampai saat ini, banyak jemaat yang tidak mau diarahkan oleh Roh Allah. Mereka sangat suka mengikuti arahan hati mereka, arahan pikiran mereka dan juga arahan kemauan mereka yang berasal dari kedagingan mereka. Anak-anak Tuhan seharusnya dipimpin oleh Roh Bapa, tapi begitu banyak anak-anak Tuhan dikuasai oleh kedagingannya sehingga mereka hidup sesuai dengan keinginan kedagingan mereka. Mereka menjadi jauh dari Tuhan dan mereka hidup dengan keegoisan, mereka kelihatannya rajin beribadah dan selalu rajin untuk datang ke gerja, namun mereka tidak dapat berdamai dengan pasangan mereka, tidak dapat berdamai dengan saudaranya, tidak dapat berdamai dengan mertuanya, dan tidak bisa memaafkan teman yang menyingungnya. Yesus berkata “ orang akan tahu bahwa kamu adalah murid-murid-Ku ketika kamu dapat hidup untuk saling mengasihi, saling memperhatikan, saling mengampuni dan memaafkan.

Saudaraku, dengan apa orang lain tahu bahwa engkau mendengar suara Tuhan dan mengakui arahan-Nya? Orang akan mengetahuinya jika mereka mendapatkan engkau memiliki buah-buah roh seperti sabar, lemah lembut, tidak gampang tersinggung, murah hati, baik, setia, menguasai diri, sukacita dan selalu dikuasai oleh damai sejahera. Gampang memaafkan dan mengampuni orang lain, bahkan dapat melalukan semua yang tertulis di atas terhadap orang yang memusuhimu, jelas-jelas menghinakanmu, merendahkanmu, dan memfitnah engkau. Jikalau itu semua terjadi dan engkau tetapdalam keadaan sukacita dan damai sejahtera senantiasa ada padamu, maka saudara yang lain akan tahu bahwa engkau adalah Domba Yesus dan Yesus menggembalakan engkau sehingga dia tetap dapat mengarahkanmu dari dalam hatimu melalui pengarahan oleh Roh Kudus yang senantiasa mau mengajarkan apa yang engkau butuhkan. Roh Kudus mengingatkan firman yang pernah engkau pelajari dan Roh Kudus memberi arahan yang jelas dalam hidupmu dan sukacita karena keselamatan itu senantiasa menguasaimu. Reaksimu terhadap kejadian di sekitarmu adalah bukti dari apakah engkau mendengar suara Tuhan atau engkau mendengarkan ego kedaginganmu, perasaanmu, akal budimu, logikamu, atau akal sehatmu? Apapun istilahnya, jika engkau lebih mendengarkan ego kedaginganmu, perasaanmu, akal budimu, logikamu, atau akal sehatmu maka engkau sedang tidak mendengarkan suara Tuhan.

Saudaraku, Tuhan sangat ingin mengarahkan hidupmu. Itu sebab Dia tinggal dalam hatimu, supaya Dia bisa melayani orang lain melalui dirimu, melalui perkataanmu, melalui tindakanmu. Mengapa? Tuhan adalah Roh, tidak memiliki tubuh fisik sehingga Dia butuh tubuhmu untuk dapat Dia gunakan untuk melayani orang lain melalui dirimu.

Saudaraku, mulai sekarang belajarlah untuk dapat mendengarkan panggilan-Nya, mendengarkan arahan-Nya dan lakukan aoa yang dia ingin kerjakan melalui dirimu. Maka akan ada orang yang tertolong dan Tuhan akan dimuliakan melalui pertolonganmu itu. Nama Yesus akan dimuliakan melalui pekerjaan tanganmu yang Tuhan ingin engkau lakukan...Halleluya...Puji Tuhan

Tuhan Yesus Memberkati

Bacaan Alkitab
Yohanes 10 : 27- 28     
Yohanes 7
Efesus 1 : 13
Efesus 3
Ibrani 8 : 10 -12

No comments:

Post a Comment