Translate This Blog Into Your Own Language

Google Search

Monday, August 13, 2018

5 Cara Memasukkan Firman Tuhan Kedalam Pikiran




Saudaraku, Firman Tuhan adalah wahyu dari Tuhan, Firman Tuhan adalah petunjuk-petunjuk dari Tuhan, Firman Tuhan adalah suara dari Tuhan. Firman Tuhan merupakan sebuah panduan dan petunjuk bagi manusia dalam menjalani kehidupan agar tidak jatuh dalam dosa dan hidup dengan benar. Namun demikian, ada sebagian orang yang seringkali sulit untuk memasukkan Firman Tuhan dalam kehidupan sehari-harinya. Jika dilihat sekilas. Aktifitas kerohaniannya cukup bagus, aktif dikegiatan gereja dan sering melayani, rajin baca alkitab setiap hari. Tapi kalau dilihat lebih lanjut, ternyata dalam menjalani kehidupan sehari-harinya, pikiran perkataan dan perbuatannya seringkali tidak sesuai dengan Firman Tuhan. Saudara, kejadian ini tidak tidak dialami hanya oleh jemaat biasa tapi bahkan masih ada seorang pendeta yang emosional, kata-katanya suka menyakiti orang lain, materialistis dan sebagainya. Sunguh sangat disayangkan fenomena tersebut masih banyak terjadi dilingkungan umat kristiani. Akibatnya muncul pertanyaan, apakah Firman Tuhannya tidak bekerja dalam hidupnya atau bagaimana?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini ada 5 Cara agar Firman Tuhan dapat masuk dalam pikiran saudara sehingga dalam menjalani kehidupan sehari-hari pikiran perkataan dan perbuatan saudara dapat sesuai dengan Firman Tuhan :
1. Bacalah Firman Tuhan setiap hari.
Saudaraku, sebagai orang Kristen, tentunya saudara tidak mungkin lepas dari alkitab baik perjanjian lama maupun perjanjian baru. Mengapa demikian? Karena alkitab merupakan sumber dari semua wahyu dan petunjuk dari Tuhan bagi saudara dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Jadi alangkah anehnya jika saudara mengaku sebagai orang Kristen tapi saudara tidak pernah membaca alkitab. Langkah pertama jika saudara ingin dekat dengan Tuhan, maka saudara harus rajin untuk membaca Firman Tuhan. Tidak hanya sesekali saja membacanya, tapi usahakanlah setiap hari untuk membaca Firman Tuhan sampai kegiatan tersebut menjadi sebuah kebiasaan bahkan menjadi sebuah kebutuhan bagi saudara.
2. Pelajarilah Firman Tuhan setiap hari.
Apakah sudah cukup jika saudara hanya rajin membaca alkitab setiap hari saja? Tentunya tidak karena jika saudara hanya sekedar membaca saja, maka apa yang saudara baca hanya akan menjadi sebuah pengetahuan secara dogmatis semata. Tidak ada makna yang saudara dapatkan dari hanya sekedar membaca Firman Tuhan, meskipun itu saudara lakukan setiap hari. Langkah selanjutnya adalah saudara harus berusaha untuk mempelajari makna yang terkandung dalam Firman Tuhan tersebut sehingga saudara mampu memahami dan mencerna apa yang ingin disampaikan oleh Tuhan melalui FirmanNYA dalam alkitab.
3. Renungkanlah Firman Tuhan setiap hari.
Langkah selanjutnya setelah saudara membaca dan mempelajari Firman Tuhan adalah saudara harus merenungkannya. Apa yang dimaksud dengan merenungkannya? Saudara harus menganalisa dan membandingkan apa yang dituliskan dalam Firman Tuhan tersebut dengan kehidupan sehari-hari saudara sendiri atau orang lain. Dengan demikian apa yang saudara baca dan pelajari dari Firman Tuhan tersebut dapat saudara resapi maknanya untuk dapat diterapkan dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.
4. Hafalkanlah Firman Tuhan setiap hari.
Apa yang sudah dibaca, dipelajari dan direnungkan supaya dapat selalu diingat-ingat tentunya harus dihafalkan supaya Firman Tuhan tersebut dapat menjadi panduan bagi saudara. Jika dalam kehidupan sehari-hari saudara mengalami masalah, maka saudara akan ingat dengan Firman Tuhan tersebut dan menjadikannya sebagai panduan dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah saudara.
5. Lakukan dan Praktekkanlah Firman Tuhan setiap hari.
Akhir dari semua langkah-langkah dalam memasukkan Firman Tuhan kedalam pikiran adalah dengan mempraktekkannya. Tanpa mempraktekkannya maka Firman Tuhan tersebut hanya akan menjadi sebuah pengetahuan dogmatis saja. Untuk itu, setelah saudara membaca, mempelajari, merenungkan, dan menghafalkan Firman Tuhan tersebut, maka langkah terakhir adalah saudara harus berusaha belajar untuk mempraktekkannya dalam kehidupan sehahi-hari. Sebagai contoh adalah dalam Firman Tuhan saudara diajarkan untuk bersabar dan mengampuni seseorang yang bersalah kepada saudara. Maka jika saudara sedang menghadapi masalah dengan seseorang yang sudah merugikan, menyakiti, membuat marah, mengecewakan, mengkhianati, mencelakai dan sebagainya maka saudara harus berusaha untuk mempraktekkan apa yang dikatakan oleh Firman Tuhan tersebut agar saudara dapat bersabar dan melepaskan pengampunan terhadap orang tersebut.

Demikianlah beberapa cara agar Firman Tuhan dapat masuk dan menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari saudara. Untuk itu mulai sekarang belajarlah dari langkah yang paling sederhana dengan membaca Firman Tuhan setiap hari dan dilanjutkan dengan langkah demi langkah berikutnya. Mungkin awalnya terasa sulit bagi saudara, tapi jika saudara memiliki tekad yang kuat maka kegiatan dari mulai membaca Firman Tuhan sampai mempraktekkan Firman Tuhan tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan dan bahkan sebuah kebutuhan bagi saudara. Selamat mencoba saudaraku...

Tuhan Jesus Memberkati

Bacaan Alkitab :     Roma I : 1 - 16




No comments:

Post a Comment