Translate This Blog Into Your Own Language

Google Search

Wednesday, August 15, 2018

5 Makna Dari Pelayanan Di Gereja




Saudaraku yang terkasih, tahukah saudara bahwa salah satu pesan yang ingin disampaikan oleh Yesus adalah sebuah pelayanan. Hal ini ditunjukkan oleh Jesus dengan cara membasuh kaki murid-murid-Nya. Ini adalah sebuah teladan yang harus kita contoh dalam kehidupan sehari-hari. Demikian juga dalam gereja, dibutuhkan banyak orang yang harus melayani para jemaat yang akan datang untuk beribadah pada hari minggu.

Saudaraku, tahukah saudara bahwa dibalik sebuah pelayanan ada beberapa makna yang terkandung didalamnya? Makna pelayanan tersebut ada baiknya untuk dimengerti oleh seseorang yang bertugas sebagai pelayan di gereja agar yang bersangkutan lebih menghayati didalam tugas pelayanannya tersebut.  Beberapa makna tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Pelayanan adalah sebuah anugerah dari Tuhan.

Saudaraku, tidak semua orang yang bersedia untuk menjadi pelayan Tuhan di gereja, tidak semua orang mampu untuk melayani di gereja, tidak semua orang terpanggil untuk melayani di gereja. Mengapa demikian? Karena seseorang yang dapat bekerja melayani di gereja adalah orang-orang yang telah dipilih dan dipercaya oleh Tuhan untuk menjadi pelayan-Nya di gereja. Demikian banyaknya jumlah jemaat di gereja, tetapi mengapa saudara yang terpilih untuk menjadi pelayan Tuhan di geraja? Itu semua adalah karena Tuhan telah mempercayakan tugas melayani jemaat kepada saudara. Untuk itu, saudara sudah mendapatkan sebuah anugerah yang luar biasa dari Tuhan. Hargailah sebaik-baiknya anugerah yang sudah diberikan Tuhan kepada saudara, manfaatkanlah sebaik-baiknya anugerah tersebut untuk memuliakan nama Tuhan.

2. Pelayanan adalah sumber sukacita.
Saudaraku, percayalah bahwa pelayanan yang saudara lakukan tidak akan menjadi sia-sia. Meskipun jemaat tidak pernah menghargai pelayanan yang saudara lakukan, tapi percayalah saudaraku bahwa pelayanan yang saudara lakukan pasti bermanfaat baik bagi orang lain maupun juga bagi saudara sendiri. Jika saudara melakukan aktifitas melayani dengan sukarela, maka saudara akan merasakan sukacita dalam diri saudara. Apalagi jika saudara melihat bahwa ada banyak orang yang mendapatkan manfaat dari pelayanan yang saudara lakukan, saudara akan merasakan sukacita yang besar terhadap pelayanan saudara. Jadi saudaraku, tetaplah dan teruslah melayani dan melayani meskipun jemaat tidak pernah menghargai atau bahkan melupakan pekerjaan pelayanan saudara di gereja.
3. Pelayanan jangan dijadikan sebagai sumber untuk masuk ke surga.
Ada sebagian orang yang mampu memahami tujuan dan makna dari pelayanan yang dia lakukan, tapi ada sebagian orang lagi yang salah paham dalam memaknai sebuah pelayanan. Niatnya masih pamrih dengan menyimpan sebuah harapan bahwa jika dia melakukan banyak aktifitas pelayanan, maka dia akan mudah untuk masuk ke surga. Ini adalah sebuah pola pikir yang keliru. Pelayanan adalah sebuah tindakan yang tidak pamrih, tidak boleh ada motivasi atau harapan-harapan bahwa setelah melakukan pelayanan maka akan mudah masuk surga. Jika saudara memiliki motivasi atau harapan-harapan tersebut dalam melayani, maka sebaiknya mulai sekarang jauhkan dan hindari hal-hal tersebut karena jika tidak maka saudara akan kecewa jika ternyata yang terjadi dalam kehidupan saudara tidak seperti yang saudara harapkan. Saudara dapat masuk ke surga atau tidak tolak ukurnya bukan dari seberapa banyak saudara melakukan aktifitas pelayanan, tetapi dari kwalitas pribadi saudara, dan hal ini hanya Tuhan yang tahu dan berhak menentukan apakah saudara layak untuk masuk surga atau tidak?
4. Pelayanan akan mendatangkan banyak berkat.
Saudaraku, tahukah saudara bahwa ada sebuah Hukum Tabur Tuai dalam hidup ini? Dalam hukum tabur tuai dikatakan bahwa apa yang saudara tanam maka akan saudara tuai. Demikian juga dalam kehidupan ini, jika saudara banyak menabur kebaikan maka saudara juga akan menuai banyak kebaikan dalam hidup saudara, jika saudara banyak melakukan kegiatan pelayanan yang bermanfaat bagi banyak jemaat, maka kehidupan saudara juga akan dipenuhi dengan berkat-berkat yang tidak saudara duga. Sebagai contoh, disaat saudara sedang membutuhkan uang, maka akan ada orang yang digerakkan oleh Tuhan untuk datang membantu kesulitan keuangan saudara dengan ikhlas, atau jika saudara sedang sakit maka akan ada banyak orang yang peduli dengan kesehatan saudara dan membantu kesembuhan saudara, dan lain sebagainya. Didalam kegiatan pelayanan  terjalin hubungan dan kesan yang baik antara saudara dan banyak orang. Karena itu, jika saudara ingin hidup saudara diberkati, maka belajarlah untuk menabur kebaikan, salah satunya adalah dengan cara banyak memberikan pelayanan yang tanpa pamrih kepada jemaat di gereja.
5. Pelayanan adalah peperangan menuju sebuah kebenaran.
Apakah didalam kegiatan pelayanan tidak terjadi masalah? Tentu saja tidak, karena dalam aktifitas pelayanan kita akan bertemu dengan banyak orang dengan bermacam-macam sifat dan karakter yang berbeda, latar belakang keluarga yang berbeda, dan permasalahan hidup yang berbeda. Oleh karena itu, sangat mungkin terjadinya perbedaan pendapat, salah paham, saling menyudutkan dan menjelekkan, dan bermacam-macam masalah lainnya yang muncul dalam aktifitas pelayanan saudara. Untuk itu, saudara harus berusaha menjadikan masalah-masalah yang muncul dalam kegiatan pelayanan saudara sebagai medan peperangan saudara untuk belajar bertumbuh dan mempraktekkan hidup benar sesuai yang tertulis dalam Firman Tuhan. Jangan sampai saudara meninggalkan aktifitas pelayanan saudara hanya karena adanya masalah yang muncul dalam kegiatan pelayanan saudara. Jadilah bertumbuh dalam iman dan alami kemenangan-kemenangan dalam peperangan saudara sehingga saudara akan menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih baik lagi.

Sekarang tanyakan pada diri saudara, apakah saudara tertarik untuk terlibat dalam tugas untuk melayani Tuhan? Apakah saudara ingin menjadi orang yang dipilih oleh Tuhan untuk menjadi pelayanNya? Atau bahkan saudara saat ini sudah terlibat aktif dalam kegiatan pelayanan di gereja? Jika ya, maka saudara perlu memperhatikan dan mengetahui apa makna dibalik sebuah tugas pelayanan di gereja.  

Tuhan Yesus Memberkati
 



No comments:

Post a Comment