Translate This Blog Into Your Own Language

Google Search

Sunday, August 12, 2018

4 Bahaya Dari Keegoisan




Saudaraku yang terkasih, manusia diciptakan oleh Tuhan dengan adanya ego. Tujuan dari diberikannya ego adalah untuk pengembangan diri yang positif. Tapi seiring dengan berjalannya waktu akibat dosa manusia maka ego tersebut menjadi terlalu berlebihan sehingga berubah menjadi egois. Tanpa disadari, seseorang memiliki sifat yang egois, sebagian keegoisannya sangat besar sedangkan lainya hanya sedang-sedang atau biasa saja. Tapi meskipun hanya sedang-sedang atau biasa saja, sifat keegoisan dalam diri seseorang adalah tidak baik. Jika didiamkan, maka sifat keegoisan tersebut akan berakibat fatal.
Beikut ini adalah 5 bahaya yang dapat muncul akibat dari sifat yang egois :
1. Keegoisan dapat merusak kepribadian.
Saudaraku, akibat pertama yang akan terjadi dari keegoisan adalah rusaknya kepribadian seseorang. Sebelum merusak unsur yang diluar, maka akibat yang akan ditimbulkan adalah pada pemilik ego itu sendiri. Seseorang yang egois akan memiliki banyak musuh karena pribadinya yang sangat egosentris, sangat mementingkan kepentingan diri sendiri. Karena keegoisannya maka orang tersebut akan mengalami banyak konflik dengan banyak orang karena sifatnya yang mau menang sendiri, selalu merasa paling benar, tidak mau mendengar masukan, pendapat dan kritikan dari orang lain. Orang yang egois sulit untuk bisa bekerjasama dalam team. Dia akan mengalami konflik dengan banyak orang. Akibat seringnya terjadi koflik, maka orang tersebut akan menjadi pribadi yang temperamen dan keras kepala. Dengan adanya sifat yang temperamen dan keras kepala, maka orang tersebut akan sering mengalami depresi dan stres sehinga akibatnya akan merusak kepribadian orang tersebut.
2. Keegoisan dapat merusak pelayanan.
Seorang yang egois tidak hanya merusak dirinya sendiri tapi juga bisa mempengaruhi lingkungan di sekitarnya. Jika orang yang egois terlibat dalam aktifitas pelayanan, maka aktifitas pelayanannya akan menjadi kacau dan rusak. Tempat dimana orang egois melakukan pelayanan akan terjadi kekacauan dan konflik karena sifatnya yang merusak. Akan terjadi banyak konflik, salah paham dan keributan ditempat pelayanan orang yang egois. Akan ada banyak orang yang tersinggung, sakit hati, kecewa dan emosi dikarenakan sikap dari orang yang egois tersebut sehingga aktifitas pelayanan yang dilakukannya akan menjadi kacau dan gereja dimana dia melakukan pelayanan pun akan menjadi kacau.
3.  Keegoisan dapat merusak keluarga.
Orang yang egois tidak hanya merusak lingkungan diluar dirinya tapi juga lingkungan terdekatnya. Dalam hal ini lingkungan yang terdekatnya adalah keluarganya. Bagi yang sudah menikah tentunya akan berakibat negatif terhadap keharmonisan dalam rumah tangganya, karena tidak ada sama sekali sifat toleran dalam dirinya. Bagi yang belum menikah, akibat negatifnya akan diterima oleh orangtua dan saudara-saudaranya.
4. Keegoisan dapat merusak Negara.
Saudaraku, pernahkah saudara berpikir apa yang akan terjadi jika sebuah negara dipimpin oleh seorang kepala negara yang sifatnya sangat egois? Dalam lingkungan gereja dan keluargapun jika terdapat seorang yang egois akibatnya akan timbul banyak konflik, apalagi jika sebuah negara dipimpin oleh seorang yang egois? Maka ada kemungkinan negara tersebut akan mengalami banyak konflik internal antar pemimpin, juga akan muncul konflik eksternal dengan pemimpin negara-negara lainnya. Terjadinya perang saudara dan konflik antar negara diakibatkan oleh sifat pemimpinnya yang egois. Coba perhatikan sebuah negara maju dan berkembang, bisa dipastikan bahwa pemimpin negara tersebut adalah bukan seorang yang egois sehingga hubungan internal antar pemimpin berjalan bagus dan hubungan internasional dengan negara-negara lain juga bagus sehingga kondisi ekonominya dapat bertumbuh dengan baik.

Setelah saudara mengetahu bahaya dari sifat yang egois, maka sebaiknya saudara membuang jauh-jauh sifat saudara yang egois karena akan merusak tidak hanya saudara sendiri tapi juga keluarga, gereja tempat saudara melayani dan bahkan negara. Jika saudara menemukan ada seseorang yang memiliki sifat yang egois, jika itu adalah keluarga dekat, saudara atau sahabat, maka demi kebaikannya sebaiknya saudara berusaha untuk mengingatkan dan menyadarkannya supaya mereka dapat bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

Tuhan Jesus Memberkati

Bacaan Alkitab :     Zakaria 7 : 1 - 6


No comments:

Post a Comment