Translate This Blog Into Your Own Language

Google Search

Saturday, August 11, 2018

8 ciri orang yang dipenuhi dan dipimpin oleh Roh Kudus?




Saudaraku yang terkasih, pada saat menjelang Jesus naik ke surga, Jesus telah menyatakan bahwa Dia akan mengutus Roh Kudus untuk mendampingi umat manusia. Jesus mengutus Roh Kudus sebagai wakil dariNYA dengan tujuan jika kita memiliki permasalahan hidup dan membutuhkan pertolongan, maka Roh Kudus yang akan menuntun kita dalam berdoa dan menyampaikan semua permohonan kita dalam doa kepada Jesus. Untuk itu, seharusnya sebagai umat kristiani saudara pasti mempunyai Roh Kudus yang akan setia menemani saudara sampai akhir hayat. Namun, ada sebagian orang yang hidup tidak kudus tidak sesuai dengan Firman Tuhan sehingga orang tersebut tidak dapat merasakan dan melihat kehadiran Roh Kudus.

Oleh karena itu ada baiknya kita perlu mengetahui beberapa ciri-ciri dari orang yang dipenuhi dan dipimpin oleh Roh Kudus :

1. Mampu mengasihi semua orang baik kawan maupun lawan.

Salah satu ciri dari orang yang dipenuhi oleh Roh Kudus adalah dia memiliki kasih yang besar. Orang tersebut tidak hanya mampu mengasihi seseorang yang bersikap baik kepadanya, tetapi juga mampu untuk mengasihi lawannya maupun orang-orang yang sudah menyakitinya. Ini adalah sebuah tindakan yang tidak mudah untuk dilakukan karena biasanya sifat umum dari manusia adalah hanya bersedia mengasihi orang yang baik kepadanya saja. Tetapi jika seseorang dipenuhi oleh kehadiran Roh Kudus, maka orang tersebut akan menjadi pribadi yang mampu untuk mengasihi semua orang baik kawan maupun lawannya.

2. Mampu mengampuni dan melepaskan masa lalu yang menyakitkan.

Saudaraku, salah satu sifat dari manusia adalah senang menyimpan dendam dan kebencian. Jika ada orang yang dikecewakan, dikhianati, disakiti oleh seseorang, maka orang tersebut biasanya akan menyimpan luka batin yang dalam sehingga menimbulkan dendam dan kebencian yang dalam. Memang tidak mudah untuk memberikan pengampunan terhadap seseorang yang sudah melukai dan menyakiti kita begitu dalam. Namun, jika orang tersebut dipenuhi oleh kuasa Roh Kudus, maka orang tersebut akan mampu untuk memberikan pengampunan dan melepaskan masa lalunya yang sangat menyakitkan. Jika tadinya saudara adalah seorang yang senang menyimpan dendam dan kebencian, maka Roh Kudus akan memampukan saudara untuk dapat mengampuni dan melepaskan masa lalu yang menyakitkan bagi saudara.

3. Mampu menghadapi dan menyelesaikan masalah dalam hidup dengan bijaksana.

Permasalahan hidup tidak akan pernah berhenti. Selama saudara masih hidup dan tinggal di dunia ini, maka saudara akan selalu mengalami masalah. Ada sebagian yang ringan, ada sebagian yang berat. Ketika saudara berhadapan dengan masalah, maka emosi saudara cenderung akan menguasai saudara. Ada yang dalam bentuk kesedihan yang mendalam, ada yang dalam bentuk rasa kecewa dan putus asa, ada yang dalam bentuk amarah, kebencian dan dendam, dan sebagainya. Sebagian orang sulit untuk mengendalikan emosinya ketika sedang menghadapi masalah sehingga jika dalam keadaan emosi maka jalan keluar dan tindakan yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut juga tentunya bukan yang terbaik. Inilah yang menjadi penyebab mengapa banyak terjadi tindakan bunuh diri, pembunuhan, pemerkosaan, pencurian dan sebagainya. Akan tetapi, jika saudara dipenuhi dengan kuasa Roh Kudus, maka saudara akan mampu menghadapi dengan tegar dan menyelesaikan permasalahan hidup saudara dengan lebih bijaksana. Mengapa demikian? Karena Roh Kudus akan membuat hati saudara menjadi lebih tenang dan pikiran lebih sehat sehingga emosi saudara lebih terkendali sehingga saudara dapat menghadapi dan menyelesaikan permasalahan hidup saudara dengan lebih baik dan bijaksana. Roh Kudus akan menuntun dan memberikan jalan keluar yang terbaik bagi saudara.

4. Mampu melakukan hal-hal yang mustahil karena ada Kuasa Illahi.

Saudaraku, dijaman yang modern ini percayakah saudara bahwa mukjizat itu masih ada? Sebagian orang beranggapan bahwa mukjizat hanya terjadi pada zaman Jesus, mukjizat hanya dapat dilakukan oleh Jesus beserta murid-muridnya saja. Orang biasa mustahil untuk dapat melakukan dan mengalami mukjizat. Tapi pernyataan ini ternyata tidak benar. Mukjizat masih banyak terjadi di jaman modern sekarang ini, mukjizat dapat terjadi dimana-mana diseluruh muka bumi ini. Saudara dan semua orang dapat melakukan dan mengalami mukjizat asalkan ada kuasa Roh Kudus dalam diri saudara. Segala hal yang mustahil untuk dilakukan oleh manusia, jika ada penyertaan Roh Kudus maka saudara akan mampu untuk melakukannya. Saudara akan mampu untuk membangkitkan orang yang mati, menyembuhkan orang yang sakit, mengusir roh jahat,  mampu melihat masa depan yang belum terjadi, mampu mendengar, mengetahui dan melihat apa yang tidak dapat didengar, dilihat dan diketahui oleh orang lain, mampu berbahasa roh, dan banyak mukjizat lainnya yang dapat saudara lakukan bersama dengan kuasa Illahi dari Roh Kudus.

5. Mampu mengorbankan kepentingan dirinya demi kepentingan orang lain.

Egois adalah sifat manusia. Saat saudara dihadapkan dengan sebuah pilihan untuk mendahulukan kepentingan diri sendiri dan orang lain, maka biasanya saudara akan memilih untuk mendahulukan kepentingan diri sendiri. Ini adalah sesuatu yang biasa terjadi disetiap orang. Namun, jika saudara dipenuhi dengan kuasa Roh Kudus, maka saudara akan mejadi mampu untuk menekan ego saudara. Saudara akan menjadi mampu untuk lebih mendahulukan kepentingan orang lain dibandingkan kepentingan pribadi saudara.

6.  Meyakini Jesus adalah Tuhan.

Sebelum Jesus naik ke surga, Jesus mengatakan bahwa Dia akan mengutus Roh Kudus untuk mendampingi setiap manusia. Jesus tidak ingin manusia hidup dalam kuasa kegelapan dan dosa, untuk itu Jesus mengutus Roh Kudus agar menggantikan diriNYA dalam mendampingi umat manusia. Untuk itu, seseorang yang hidupnya dipenuhi oleh Roh Kudus pasti memiliki iman yang kuat bahwa Jesus adalah Tuhan karena Jesuslah yang mengutus Roh Kudus untuk mendampingi setiap manusia dimuka bumi ini.

7.  Selalu merindukan hadiratNYA.

Salah satu tanda lainnya dari seseorang yang hidupnya dipenuhi oleh Roh Kudus adalah adanya hubungan yang sangat dekat antara dirinya dengan Jesus. Jesus mengasihi setiap manusia bahkan manusia yang penuh dengan dosa sekalipun, namun Jesus tentunya hanya bisa dekat dengan orang-orang yang mengasihiNYA. Dikarenakan hubungan kasih yang kuat antara Jesus dengan dirinya, maka orang yang hidupnya dipenuhi dengan Roh Kudus akan selalu merindukan hadiratNYa, juga akan merindukan kedatangan Jesus. Bagaikan seorang anak yang merindukan orangtua nya yang mengasihinya, demikian juga seseorang yang dipenuhi oleh Roh Kudus akan selalu merindukan hadirat dan juga kedatangan Jesus karena merasakan kasihNYA yang begitu besar terhadapnya.

8. Menjadi saksi Kristus.

Pengalaman hidup seseorang yang dipenuhi oleh Roh Kudus selalu dipenuhi dengan mukjizat dan pertolongan-pertolongan dari Jesus. Untuk itu, dia akan menjadi seorang saksi hidup bahwa Jesus adalah Kristus. Pengalaman hidupnya membuatnya mampu untuk dapat meyakinkan orang lain bahwa Jesus adalah Tuhan. Imannya begitu kuat tak tergoyahkan karena pengalaman hidupnya bersama dengan Jesus. Dia sudah membuktikan sendiri bahwa Jesus adalah Tuhan yang Maha Pengasih dan Maha Kuasa melalui banyak mukjizat dan pertolongan dari Jesus dalam hidupnya.



Masih ada banyak ciri-ciri lainnya dari seseorang yang dipenuhi oleh kuasa Roh Kudus, penjelasan diatas hanya sebagian saja. Bagaimana dengan saudara sendiri, apakah saudara sudah merasa mendapatkan kuasa Roh Kudus dalam diri saudara? Semoga saudara semuanya bisa mendapatkan dan mengalami kuasa Illahi dari Roh Kudus dalam diri saudara.



Tuhan Jesus Memberkati



Bacaan Alkitab :     Kejadian 50 : 19 - 20

                                 Roma 9 : 28

                                 Filipi 3 : 13 - 14

                                 Roma 8 : 37

                                 Kejadian 41 : 39

                                 Kejadian 41 : 40 – 45



No comments:

Post a Comment