Translate This Blog Into Your Own Language

Google Search

Saturday, September 1, 2018

Kata Kata Kotor





Suatu hari ada seorang wanita tua yang berbicara kepada seorang temannya tentang obsesi orang-orang dewasa ini untuk melakukan diet. “Saat ini” katanya merenung, “saya lebih mementingkan sesuatu yang keluar dari mulut saya daripada apa yang masuk kedalamnya”. Ada hikmat yang bijak dalam kata-kata tersebut.

Yesus berkata “Apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang. Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, pencabulan, pencurian, kesaksian palsu dan hujat. Hal-hal inilah yang menajiskan orang”.  ( Matius 15 : 18 – 20 )

Sesuatu yang kita katakan akan mempengaruhi orang lain. “Ada orang yang lancang mulutnya seperti tikaman pedang,” ( Amsal 12 : 18 ). Namun, yang sering kita lupakan adalah pengaruh dari kata-kata kita yang sembrono bagi diri kita sendiri. Pada waktu kita membicarakan orang lain, kata-kata kita mulai menjatuhkan kita, sebab kita memuaskan pikiran jahat yang da di dalam diri kita dan memupuknya sampai kata-kata itu meruntuhkan kita sendiri.

Sebaliknya, apabila kita dapat menjaga bibir kita, maka kita dapat mematahkan pikiran jahat itu. “Lidah orang bijak mendatangkan kesembuhan”. ( Amsal 12 : 18 ). Kita melindungi jiwa kita, sebab kita melemahkan pikiran jahat yang akan meruntuhkan kita.

Mintalah kepada Tuhan untuk “mengawasi” mulut anda dan “berjaga pada pintu” bibir anda. ( Mazmur 14 1 : 3 ). Kiranya kata-kata anda meningkatkan kwalitas hiduo anda, bukan merusak atau meruntuhkannya. Ingatlah bahwa sepatah kata dari mulut anda berbicara banyak tentang anda.

Tuhan Yesus Memberkati

Bacaan Alkitab :
Matius 15 : 18 – 20                       Amsal 12 : 18                      Matius 15 : 17 - 20
Amsal 12 : 18                                Mazmur 14 1 : 3                  Amsal 13 : 3

Sumber :
Buku Renungan Harian edisi bulan Mei 2016

No comments:

Post a Comment